Tuesday, November 6, 2012

Police Academy in Japan on Oct 2012

Writen by me, Agnis Juwita Manurung at 10:54 PM

                  Drum Corps Akademi Kepolisian mendapatkan undangan dari salah satu koran terkenal di negeri sakura yaitu Mainichi Shinbum (koran:red) untuk mengikuti kegiatan 17th World Police Band Concert yang diselenggarakan di Tokyo Jepang. World Police Band Conncert yang telah diadakan selama tujuh belas kali diikuti oleh beberapa negara didunia. 

         Pada kesempatan kali ini, diikuti oleh lima negara diantaranya: 1. Kepolisian Metropolitan Tokyo, Jepang 2. NYPD ( New York Police Departement) Drum Line, Amerika Serikat 3. Kepolisian  Negara Korea Selatan 4. Kepolisian Negara Vietnam 5. Indonesia yang diwakili oleh Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian. Konser ini merupakan konser pertama kali yang diikuti oleh Indonesia, sedangkan para peserta dari negara lain sudah rutin mengikuti konser dari kali pertama hingga yang ke tujuh belas kalinya.

                 Yang lebih membanggakan lagi adalah peserta dari negara lain merupakan para anggota polisi yang sudah aktif bekerja dan bertugas di Korps Musik, sedangkan Indonesia diwakili oleh 45 taruna Akademi Kepolisian yang statusnya masih mengikuti pendidikan. Konser ini juga diadakan bertepatan untuk memperingati ulang tahun ke-140 koran Tokyo Shinbum. Kemudian perwakilan dari Mainichi datang ke Akademi Kepolisian untuk melihat penampilan Drum Korps Cendrwasih Akademi Kepolisian yang merupakan drum band terbesar se- Asia Tenggara. Mereka pun sangat antusias melihat penampilan Drum Corps Akpol tersebut. 

                Kemudian terpilihlah 45 taruna dari Detasemen 45 Budi Luhur Bhayangkara untuk mewakili Indonesia diajang Wold Police Band Concert ke -17 di Tokyo, Jepang. Momen ini merupakan penampilan perdana Drum Corps Cendrawasih di kancah internasional. Ini merupakan momen yang sangat berharga dan langka.
                Pada pukul 10.30 World Police Band Concert dinyatakan dibuka dan Akademi Kepolisian Republik Indonesia menempati posisi paling akhir dalam urutan parade, yaitu urutan kesepuluh. Antusiasme warga Tokyo, meski diguyur hujan sangatlah tinggi untuk menyaksikan penampilan Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian. Masyarakat Tokyo sangat terapana menyaksikan atraksi dari Stick Master yang melakukan putaran dan lemparan yang melampaui Fly Over  di Jalan Ginza. Penampilan pun diakhiri dengan penghormatan Voluntary dihadapan seluruh masyarakat Tokyo dibawah guyuran hujan yang cukup lebat. Alhasil keesokan harinya Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian menempati Headline News di koran Tokyo . ( gambar di atas )
                 
            Dengan menggunakan pakaian adat khas Bali yang dikenakan taruna serta pakaian taruni yang merupakan kombinasi antara kebaya dan kain ulos. Penampilan anggota tim sungguh tampak berbeda dari Negara lain pada malam itu, dan tentu saja ini yang menjadi daya tarik tersendiri. Pada penampilannya tim Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian menampilkan empat buah lagu yang merupakan aransemen dari Mr. Tigor Hamonangan Siregar dan Mr. Happy Septiawan. Lagu tersebut adalah Going Home, Medley Nusantara yang terdiri dari lagu : Bungo Cempa, Sik Sik Sibatu Manikam, Warung Pojok, Gambang Semarang, Angin Mamiri, Oinani Keke, Ayo Mama, ApuseMedley Dangdut yang terdiri dari lagu : Kopi Dangdut dan Rekayasa Cinta, serta lagu terakhir yaitu Kenangan Terindah.
 
                   Adapun hal menarik dari penampilan Negara Indonesia yaitu dengan adanya alat musik daerah berupa kendang dan angklung. Publik Jepang sangat terpikat oleh dua instrumen musik daerah tersebut. Penampilan Indonesia pun dipermanis dengan adanya tarian daerah, tari Salsa, dan Drama Musikal. Hal inilah yang membedakan penampilan Indonesia dalam ajang 17th World Police Band Concert. Setelah Indonesia memberikan penampilan terbaiknya, penonton pun memberik kali pertamkan sambutan yang luar biasa terhadap penampilannya.

                Terima Kasih Jepang, terkhusus  dengan keramah-tamahannya dalam menyambut Indonesia dalam ajang ini. Ini merupakan pengalaman berharga bagi Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian yang untuk kali pertama dapat tampil di kancah Internasional.

====================================================================================


 AJM



0 comments:

Post a Comment

 

A - J - M Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea